10 REKOMENDASI KALSIUM IBU HAMIL TERBAIK 2020

10 REKOMENDASI KALSIUM IBU HAMIL TERBAIK 2020

KALSIUM IBU HAMIL

Ketika sedang dalam masa kehamilan, tentunya anda jangan hanya memperhatikan kondisi tubuh anda saja, namun juga harus mengutamakan kebutuhan si kecil yang ada didalam janin anda.

Perubahan fisik yang biasanya terjadi ketika pada masa kehamilan bisa memicu kinerja tubuh anda dalam mengelola nutrisi didalam tubuh sehingga anda tentunya harus berhati – hati ya.

Selain kebutuhan akan vitamin dan juga asam folat dalam menunjang tubuh kembang janin didalam tubuh, anda juga harus memenuhi asupan kalsium saat sedang masa kehamilan karena memang kalsium ini adalah salah satu mineral terpenting yang bisa membangun dan juga memelihara kesehatan pada tulang.

Lebih dari hal tersebut juga, kalsium ini mempunyai banyak sekali manfaat yang lainya bila anda dapat memenuhi asupan kalsium dengan baik saat sedang masa kehamilan.

Table Of Contents

MANFAAT, KEBUTUHAN, DAN SUMBER KALSIUM UNTUK JANIN DAN IBU HAMIL

Kalsium dapat membantu tumbuh kembang janin dalam rahim.

Ketika didalam kandungan, janin memerlukan kalsium yang cukup agar dapat berkembangan dengan baik didalam rahim.

Hal tersebut sangat berguna untuk dapat pembentukan tulang dan juga gigi yang kuat, serta menumbuhkan hati, otot yang sehat, dan juga saraf.

Kalsium juga dapat mengembangkan irama pada jantung bayi yang normal dan juga kemampuan untuk pembekuan darah saat masa kehamilan.

Jika anda mengalami kurang kalsium saat masa kehamilan hal tersebut dapat mengakibatkan kelahiran prematur bahkan hingga kematian janin pada saat persalinan.

Maka dari itu, sangat penting untuk ibu hamil memperhatikan asupan kalsium baik dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari ataupun dari suplemen vitamin tambahan karena jika janin anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup, maka tubuh pun terpaksa akan mengambil kalsium dari tulang yang nantinya bisa mempengaruhi kesehatan.

MANFAAT KALSIUM UNTUK IBU YANG SEDANG HAMIL

Tak hanya untuk tumbuh kembang janin dalam rahim, kalsium juga mempunyai manfaat untuk kesehatan ibu hamil tersebut.

Kalsium dipercaya bisa untuk mengurangi terjadinya resiko preeklampsia.

Preeklampsia ini adalah tekanan darah tinggi dan juga adanya protein didalam urin yang bisa menyebabkan kematian bagi wanita dan bayinya ketika pada saat persalinan terjadi.

Namun tak hanya pada saat persalinan saja, kalsium juga diperlukan sesudah persalinan.

Hal tersebut didukung pada sebuah penelitian yang mneyatakan jika ibu hamil kemungkinan bisa kehilangan sekitar 3% sampai 5% dari massa tulang melalui ASI.

Maka dari itu, ibu menyusui sebaiknya harus memerhatikan asupan kalsium ketika sudah beres masa persalinan dan masa menyusui karena hal tersebut bisa membantu untuk memperkuat tulang dan juga menangkal terjadinya keropos pada tulang atau biasa di sebut osteoporosis di kemudian harinya.

KEBUTUHAN DAN JUGA SUMBER KALSIUM

Sebenarnya untuk wanita kebutuhan akan kalsium tidak meningkat jumlah nya meskipun sedang pada masa kehamilan.

Wanita yang berusia diatas 18 tahun memerlukan kalsium sebanyak 1.000 mg dalam sebelum, selama, dan juga setelah selesai maasa kehamilan.

Sedangkan bagi wanita yang memiliki usia dibawah 18 tahun memerlukan kalsium sebanyak 1.300 mg dalam setiap harinya.

Anda harus mengetahui jika tubuh tidak bisa memperoleh kalsium dengan sendirinya maka dari itu anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium ataupun suplemen agar bisa mendapatkan kalsium yang cukup bagi tubuh.

Beberapa macam jenis makanan yang mengandung kalsium adalah susu dan juga produk turunan susu lainya seperti misalnya yoghurt dan juga keju.

Bila anda malah menghindari produk susu pada saat masa kehamilan, maka anda bisa mencoba untuk makan makanan seperti brokoli, kale, dan juga sayuran hijau lainya yang bisa menjadi pilihan anda dalam mendapatkan kalsium, walaupun memang kandungan kalsium yang ada didalamnya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu dan juga produk turunan susu lainya.

Sereal, Jus, Ikan Kaleng seperti sarden, Roti, dan Minuman Kedelai dan Beras juga terdapat kandungan kalsium didalamnya.

Namun sejatinya, anda harus tetap memperhatikan komposisi dan juga nilai gizi yang terkandung dalam setiap produknya ya.

10 REKOMENDASI KALSIUM IBU HAMIL TERBAIK 2020

SUPLEMEN KALSIUM BAGI IBU HAMIL

Suplemen Kalsium bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan biasanya berasal dari kalsium karbonat dan juga kalsium sitrat.

Kalsium Karbonat merupakan jenis kalsium yang memberikan lebih banyak asupan kalsium bagi tubuh, namun untuk dapat melarutkan kalsium ini dibutuhkan lebih banyak lagi asam perut.

Maka dari itu biasanya ibu hamil akan di sarankan untuk mengkonsumsi sesuatu ketika akan mengkonsumsi kalsium yang satu ini

Sedang Kalsium sitrat merupakan kalsium yang bisa lebih cepat diserap oleh tubuh.

Untuk proses penyerapannya.

Sehingga kalsium sitrat ini  dapat dikonsumsi diantara waktu makan dan bisa menjadi pilihan yang baik bagi wanita hamil yang juga sedang mengkonsumsi obat heartburn agar dapat mengurangi asam diperut.

Anda dapat berkonsultasi pada dokter bila merasa kesulitan dalam mengkonsumsi kalsium setiap harinya.

Suplemen kalsium yang anda konsumsi akan saling bergantung pada verapa banyaknya jumlah kalsium yang anda konsumsi dalam makanan sehari-hari pula.

Asupan vitamin D yang cukup pada tubuh juga sangat diperlukan bagi ibu yang sedang hamil dalam masa penyerapan terhadap kalsium.

Bila anda kekurangan vitamin D pada masa kehamilan hal tersebut dapat menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan dan juga kelainan pada bentuk kerangka janin anda, dan juga akan berdampak  pada berat badan sang bayi.

Karena bila ibu mengalami kekurangan vitamin D, hal tersebut juga akan berdampak pada janin didalam perutnya.

Kondisi seperti ini  dapat menyebabkan bayi anda terkena rakhitis yang dapat memicunya patah tulang dan juga pertumbulah yang tidak normal pada tulang anda, serta perkembangan fisik yang juga tertunda nantinya yang mana dampak tersebut dapat berlangsung lama.

Dalam penelitian juga menyebutkan ibu hamil kekurangan vitamin D pada saat masa kehamilan maka bisa mempengaruhi pertumbuhan pada tulang serta fungsi kekebalan pada tubuh dimulai dari sejak lahir sampai dewasa.

Kekurangan vitamin D juga bisa menjadi resioko terjadinya komplikasi kehamilan lebih besar lagi, termasuk terjadinya preeklampsia, dan juga bisa beresiko mengalami persalinan operasi caesar.

KESIMPULAN

Kalsium sangat penting untuk ibu hamil dan janin bayi, maka dari itu biasanya anda akan diharuskan mengkonsumsi tambahan kalsium dari suplemen agar kebutuhan anda terhadap kalsium setiap harinya dapat tercukupi.

Pilihlah jenis kalsium yang memang cocok untuk anda dan juga mudah untuk anda konsumsi apalagi pada saat masa kehamilan yang memang sering sekali susah dalam minum obat – obatan dikarenakan rasa mual.

Oleh karena itu, anda bisa berkonsultasi pada dokter kandungan anda tentang suplemen kalsium yang dapat anda konsumsi degan mudah seperti misalnya suplemen cair, atau suplemen tablet obat kunyah yang memiliki rasa tidak pahit.

Pastikan kebutuhan kalsium anda tetap terpenuhi pada saat kehamilan ini agar bayi dan ibu tetap sehat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *