REKOMENDASI BLENDER PORTABLE TERBAIK

blender portable

Dijaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, tentunya semua orang menginginkan hal – hal yang mudah dan juga simpel untuk dilakukan, contohnya dalam memilih sebuah blender portable.

Blender Portable merupakan salah satu alat kebutuhan rumah tangga yang cukup penting keberadaanya bila anda hobi membuat ataupun meminum jus, dan juga hobi melakukan hal yang berkaitan dengan menghaluskan sesuatu menggunakan blender.

Ada banyak jenis blender portable yang saat ini dibuat oleh para produsen yang semakin canggih dan semakin beragam bentuk dan macamnya.

Harga nya beragam, dimulai dengan harga yang murah, hingga harga jual nya yang lumayan mahal.

Banyak merk juice blender portable yang bagus yang bisa anda temukan dipasaran pada saat ini seperti contohnya dari beberapa merk terkenal yaitu :

Apalagi, dijaman yang harus extra sehat seperti sekarang, tentunya ini menjadi sebuah solusi dalam membuat minuman yang sehat dan juga higienis bagi tubuh loh karena anda bisa membuat juice dengan blander portable ditempat kerja anda, diluar, dan dimanapun anda inginkan.

Dalam memilih sebuah blander portable, tentunya anda harus dapat memilihnya dengan teliti dan membeli yang awet tahan lama.

Table Of Contents

Namun, apakah anda sudah tau terlebih dahulu apa perbedaan antara mini blender portable dan food processor?

Nah, jika anda belum mengetahuinya, maka akan kami jelaskan dulu dibawah ini apa perbedaan diantara keduanya agar anda tidak salah pilih!

PERBEDAAN BLENDER DAN FOOD PROCESSOR

Ada beberapa perbedaan yang harus anda ketahui sebelum anda memilih sebuah blender agar anda tidak salah pilih nantinya dan malah memilih food processor.

  1. Fungsi

Jika dilihat dari tampilannya, dua perangkat ini memang mirip dan berfungsi untuk menghaluskan.

Tapi, food processor dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak, seperti bisa dipakai untuk memarut, mencacah, memotong, mengiris, ataupun mencampur makanan kering dan basah tanpa air.

Sedangkan blender tidak dilengkapi dengan fungsi selengkap itu, dan memiliki mata pisau berukuran kecil sehingga tidak dapat menghaluskan makanan keras dengan maksimal.

  • Ukuran Mata Pisau

Mata pisau pada food processor berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan blender yang mana hal tersebut berfungsi lebih maksimal untuk menghaluskan bahan makanan.

  • Harga

Untuk harga, bila dilihat dari perbedaan yang cukup mencolok seperti yang dijelaskan diatas pastinya harga jual blender dan food processor ini tergolong cukup jauh.

Jika anda hanya membutuhkan barang untuk membuat smoothie atau jus, maka lebih baik memilih blender saja karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan food processor.

CARA MENGGUNAKAN BLENDER PORTABLE

Bila anda sudah paham apa perbedaannya, maka selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara memakai blender portable ini.

  • Masukan Bahan Makanan Kedalam Blender Portable

Masukanlah bahan makanan yang memang aman dan tentunya tidak akan merusak blender anda serta akan menghasilkan hasil yang baik pada proses menghaluskan bahan makanan tersebut.

Contohnya jika anda ingin menghaluskan es batu, maka anda harus menuangkan sedikit air terlebih dahulu bersama dengan es batu.

Hal tersebut akan membuat es batu mengambang dan membuat pisau blender lebih mudah untuk menghaluskannya, karena jika anda tidak menambahkan air, maka pisau blender bisa tersangkut dan tidak dapat berfungsi dengan baik untuk menghaluskan es batu tersebut.

  • Menutup Blender Portable Dengan Benar

Pastikan anda menutup tutup nya dengan benar agar ketika dinyalakan, bahan isian buah atau sayur tidak tumpah dan berceceran kemana-mana.

  • Nyalakan Blender Portable

Anda bisa memilih dan menekan tombol kecepatan sesuai dengan yang anda inginkan.

Jika ingin tekstur yang smooth, maka anda bisa menekan kecepatan penuh, namun jika menginginkan hasil yang masih bertekstur kasar maka anda bisa menekan tombol kecepatan yang sedang.

  • Tekan Off dan Tuang Hasilnya

anda bisa mematikan blender jika hasil juice sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Biasanya anda bisa langsung meminum juice lewat jar nya tersebut langsung tanpa harus dituangkan kedalam gelas terlebih dahulu dikarenakan ukuran jar sudah disesuaikan dan seperti tumbler untuk minum.

  • Bersihkan Blender Portable

Bila pisau dan mesinnya dapat dibuka pasang, ada baiknya untuk mencuci secara terpisah antara pisau dan mesin blender tersebut agar anda dapat mencuci nya lebih bersih dan maksimal.

  • Charge Blender Portable

Bila anda ingin melakukan perjalanan jauh atau bepergian, maka charger terlebih dahulu blender portable anda sampai full, sehingga anda bisa menggunakannya dimanapun tanpa harus kehabisan batrai.

CARA MERAWAT BLENDER PORTABLE

Kemudian kita harus mengetahui bagaimana cara merawat blender portable dengan baik agar tetap awet dan tidak gampang rusak.

  • Tidak Boleh Mengisi Tabung Blender Terlalu Penuh

Hal tersebut dapat menyebabkan mesin blender menjadi panas karena bekerja lebih keras untuk menghaluskan bahan makanan, dan membuat hal ini yang membuat perangkat cepat rusak.

Baiknya isi jar hanya seperempat atau setengah atau sampai seperempat tabung nya saja.

  • Potong Dahulu Bahan Makanan

Potong bahan makanan menjadi berukuran kecil sebelum dimasukan kedalam jar agar mesin bekerja lebih ringan dan juga dapat lebih cepat menghaluskan makanan tersebut.

  • Nyalakan Mesin Blender Sewajarnya

Sebagian orang berfikir dengan menyalakan blender lebih lama, maka makanan pun akan lebih halus lagi.

Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan mesin menjadi panas dan mesin blender pun cepat rusak.

Baiknya gunakan blender dalam waktu 10 hingga 30 menit saja dan tidak melebihi batas waktu maksimal yang tertera pada aturan pemakaiannya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLENDER PORTABLE

Nah, dibawah ini akan kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan pada blender portable

Kelebihan :

  • Menggunakan baterai sehingga bisa digunakan dimanapun dan kapanpun (fleksibel).
  • Praktis dan mudah untuk digunakan ataupun ketika dibersihkan.
  • Mempunyai harga yang terjangkau atau lebih murah dibandingkan dengan blender biasa.
  • Ukurannya yang kecil dan praktis dapat dengan mudah dibawa kemanapun tanpa membutuhkan ruang yang besar.

Kekurangan :

  • Baterai hanya bisa diisi dengan menggunakan tenaga listrik dan belum bisa menggunakan solar (tenaga matahari) yang membuatnya tidak cocok bila dibawa untuk camping atau melakukan kegiatan yang jauh dari adanya listrik.
  • Daya tampung dan kapasitas yang sedikit membuat blender listrik hanya bisa dikonsumsi untuk satu orang saja.
blender portable

CARA MEMILIH BLANDER PORTABLE TERBAIK

  • Pilih Berdasarkan Kapasitas

Blender mini portable mempunyai beragam ukuran kapasitas dimulai dari yang berukuran 250ml sampai ada pula yang diatas 600ml.

Untuk kapasitas 250ml cukup untuk digunakan oleh satu orang dewasa bersama dengan seorang anak kecil.

Sedangkan untuk ukuran 300-400 ml lebih ideal untuk kapasitas 2 orang dewasa.

Dan jika anda perlu membuat beberapa porsi minuman dalam waktu bersamaan, maka anda dapat menggunakan jar blender berkapasitas besar seperti ukuran 600 ml keatas.

  • Memeriksa Konsumsi Daya Listrik

Daya listrik yang dipakai untuk blender portable tentunya akan sangat berpengaruh pada pemakaian blender tersebut, dan juga kecepatan pada rotasi motornya akan berpengaruh dalam menghasilkan jus ataupun smoothie yang anda buat.

Jadi anda harus benar – benar memperhatikan kedua hal tersebut.

Setiap produk elektronik, pastinya memiliki konsumsi daya listrik yang tidak sama, dimana semakin tinggi watt (daya listrik) yang digunakan, maka akan semakin berpengaruh pada daya motor blender yang semakin cepat dan mengeluarkan suara yang cukup bising pula, begitupun sebaliknya jika anda memilih blender portable yang berdaya listrik kecil.

  • Perhatikan Kecepatan Rotasi Motor

Walaupun rotasi motor yang besar dapat menghaluskan bahan makanan leih cepat, namun kekurangannya bahan makanan yang dihasilkan akan kehilangan nutrisinya disebabkan oleh gesekan pisau yang semakin panas dalam melumat makanan.

Anda bisa memilih blender portable yang bisa melumatkan bahan makanan dengan lembut dalam waktu yang terbilang wajar, dan jika ada produk yang seperti itu, maka sangat pantas untuk anda pilih.

Namun jika anda lebih menyukai hasil akhir yang masih menyikan tekstur asli dari bahan makanan tersebut, maka pilih kecepatan motor yang sedang.

  • Pilihlah Bahan Jar Sesuai Kebutuhan Anda

Pada umumnya ada tiga jenis bahan yang digunakan untuk blender jar , berikut penjelasan serta kekurangan dan kelebihannya :

  • Bahan Kaca

Bahan kaca ini tidak mudah kotor dan cukup tangguh dan tahan terhadap goresan seperti misalnya saat bergesekan dengan es batu dan bahan makanan yang lainnya.

Selain mudah dalam perawatannya, bahan kaca tidak akan meninggalkan bau dan kotoran dari bahan – bahan lainya yang tertinggal.

Namun, jar berbahan kaca ini memang cukup berat untuk dibawa-bawa dan juga jika terjatuh mempunyai resiko pecah lebih besar.

  • Bahan Tritan

Bahan yang satu ini merupaka kopolimer yang sudah dikembangkan oleh perusahaan produksi alat medis bernama Eastman, dan memiliki nama resmi Eastman Tritan Copolyster yang mana tidak mengandung Bisfenol A (BPA) yang tidak baik bagi tubuh.

Mempunyai keunggulan daya tahan tinggi, ringan seperti plastik, tranparan seperti kaca, lentur, serta bahan yang satu ini lebih tahan panas sehingga anda bisa mencucinya didalam dishwasher.

Produk ini juga banyak digunakan untuk botol dot bayi karena memang bahannya yang aman.

  • Bahan Plastik

Tidak mudah pecah dan juga ringan, bahan plastik ini dibagi kedalam beberapa macam seperti Kompolimer AS (stirena akrilonitril) atau Eastman, PET (polyethylene terephthalate), dan lainnya.

Anda bisa dengan mudah membawa blender polister berbahan plastik ini dengan mudah, walaupun memang kekuranganya adalah berbahan yang tidak kokoh ketika akan melumatkan es, dan juga bau ataupun kotoran bisa lebih mudah menempel.

  • Pilih Berdasarkan Komponen Suku Cadang

Blender portable ini banyak dipilih karena praktis ketika digunakan dan juga ukurannya jar nya tidak mudah terlalu besar serta mudah untuk dirawat.

Cara mencuci belnder portable ini juga cukup mudah, biasanya banyak kotoran yang menempel pada bagian bawah pisau blender dan anda dapat melepas bagian tersebut dan mencucinya hingga bersih.

Cara ngecas blender portable ini juga cukup mudah seperti anda sedang mengisi batre HP anda dan mudah untuk dibawah kemana-mana. Namun perlu anda perhatikan juga berapa lama waktu yang diperlukan untuk men-charge nya.

  • Memilih Sesuai Harga

Harga pastinya salah satu hal penting yang harus anda perhatikan loh.

Anda bisa mencari harga blender portable yang cukup terjangkau namun tetap bagus dan sesuai dengan keinginan anda warna, model dan ukurannya di toko online dengan mudah.

KESIMPULAN

Ada banyak sekali review blender portable terbaik yang bisa anda cari di Internet, termasuk artikel kami ini, akan sangat membantu untuk anda jadikan bahan pertimbangan.

Selain membeli di Toko – toko terdekat, anda juga bisa mencoba untuk membeli blender portable via Olshop seperti membeli blender portable di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya yang tentunya sudah terbukti terpercaya.

Selamat menjalankan pola hidup sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *