TIPS JITU DIET TANPA OLAHRAGA

10 dari 10 orang beranggapan bahwa diet adalah mengurangi porsi makan dan menurunkan berat badan dengan atau tanpa olahraga, pemahaman ini tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Maka dari itu, disini kami akan membahas dan mengupas tentang tips jitu diet tanpa olahraga.

Karena tahukah anda bahwa dalam kenyataan dan pelaksanaannya, masih banyak sekali cara dan metode yang salah, yang akhirnya mengakibatkan efek negatif bagi mereka yang menjalankan diet tersebut.

APA ITU DIET

Diet adalah sebuah cara mengatur asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi agar bisa menjaga berat badan tetap terkontrol, dan mencapai berat badan dan bentuk tubuh yang ideal dalam tubuh yang tetap bugar dan sehat dengan cara mengkonsumsi asupan yang bergizi, teratur, jumlah nya tidak berlebihan dan bisa disertai dengan olahraga.

TUJUAN DIET

Ada beragam tujuan dan alasan untuk melakukan diet, tidak hanya sekedar menurunkan berat badan ideal, tapi juga untuk alasan kesehatan, seperti pada beberapa kasus pengidap penyakit tertentu, seperti penderita diabetes, darah tinggi, jantung, asam urat, ginjal, atau bahkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Diet dilakukan oleh para penderita obesitas untuk mendapatkan berat badan ideal, juga para atlet untuk menjaga berat badan dan bentuk otot tetap stabil.

PROGAM DIET

Program diet biasanya juga disesuaikan dengan usia dan kebutuhan agar tujuan, metode dan program yang digunakan bisa sesuai dan mendapatkan hasil yang tepat.

Diet juga tidak hanya di lakukan orang dewasa, bahkan orang tua-lansia, remaja dan anak-anak pun boleh melakukan diet apabila diperlukan, tentu nya untuk rentang usia tertentu, diet harus disertai petunjuk dan arahan dokter atau pakar yang paham kesehatan, untuk mendapatkan resep, pola makan, pola olahraga dan arahan penting lainnya.

BAGAIMANA DIET YANG BENAR

Banyak orang yang berdiet secara sembarangan, mereka mengurangi porsi makan secara extreme tanpa memperhitungkan jumlah kalori, gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan dalam waktu singkat.

Lalu, bagaimana cara diet yang benar, mari kita simak 3 point dan tips penting yang harus diperhatikan saat melakukan diet :

Pastikan cairan tubuh terpenuhi

Agar semua organ tubuh berfungsi dengan baik, kita harus menjaga suhu tubuh dan menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi, menjaga kelembapan kulit, serta yang terpenting menjaga ginjal tetap sehat.

Mengkonsumsi air putih mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, bahkan rasa lapar sekalipun bisa di atasi dengan air putih. Jadi konsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Penuhi asupan kalori harian

Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda, biasanya kebutuhan kalori ini disesuaikan dengan usia, kondisi fisik dan kesehatan.

Pastikan anda mengkonsumsi kalori yang cukup dan tidak berlebihan, karena saat kalori yang masuk dalam tubuh melebihi kebutuhan, kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Untuk menjalankan diet yang sehat, baik dan benar, anda wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan hindari makanan manis yang mengandung gula tinggi.

Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur terbukti sarat serat, vitamin, dan mineral dan ini sangat baik untuk tubuh karena kandungan tersebut dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan jumlah kalori nya rendah, sehingga tidak perlu khawatir jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

TIPS DIET YANG AMAN DAN SEHAT

Diet dan olahraga adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh dan otot yang ideal.

Tapi tidak sedikit orang yang ingin kurus tanpa melakukan olahraga dikarenakan beberapa alasan aktifitas dan kesibukan pekerjaan setiap harinya.

Jadi pertanyaannya, bisakah kita melakukan diet tanpa olahraga?

Ya, jawabannya bisa, dan inilah tips jitu diet tanpa olahraga :

Tidak melewatkan sarapan

Jika kondisi perut kosong hingga siang, maka tubuh akan otomatis meminta asupan lebih disaat siang hingga malam hari, jadi jangan lewatkan jam sarapan anda dan konsumsi menu sehat di sarapan seperti telur, yogurt, roti dengan selai kacang, dll.

Mengunyah lebih lama

Proses mengunyah yang lama akan membuat makanan terolah semakin baik untuk melalui tahapan selanjutnya dalam tubuh, karena penelitian juga membuktikan orang yang mengunyah dengan cepat memiliki resiko kenaikan berat badan.

Makan banyak protein

Perbanyak konsumsi protein untuk memberi rasa kenyang dan meminimalisir rasa lapar. Kita bisa mendapatkan protein dari daging, kacang-kacangan, dan telur.

Tidur yang cukup

Walau terkesan tidak ada hubungannya, tapi tidur dan istirahat yang cukup mempunyai korelaso terhadap napsu makan. Saat kita kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormone leptin dan ghrelin dimana hormone inilah yang mempengaruhi nafsu makan.

Kurangi minuman manis

Gula yang ada dalam minuman manis dapat menjadi pemicu utama kenaikan berat badan, jadi hindarilah minuman manis dang anti dengan mengkonsumsi air putih guna melatih tubuh menciptakan kebiasaan baik.

Minum air jeruk nipis

Segelas air jeruk nipis hangat dipercaya mampu menurunkan berat badan secara praktis, karena jeruk nipis mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air dan zat besi. Dan cairan jeruk nipis ini mampu mendetoks dan membuang racun hingga tubuh akan rutin membuang kotoran setiap pagi.

Mengatur pola makan

Mengatur pola makan memberi pengaruh besar saat anda melakukan diet, mulai dari porsi makanan, jenis makanan yang dikonsumsi, hingga jam makan yang teratur akan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik dan membuat diet anda berhasil.

Menggunakan piring ukuran kecil

Ini adalah teknik sugesti yang mempengaruhi pikiran dan cara makan anda, saat anda menggunakan piring yang kecil, makanan akan terlihat lebih besar, gunakan cara ini terutama saat anda mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Makan sampai tidak merasa lapar

Kebanyakan dari kita makan hingga perut terasa penuh dan sesak, itu sebenarnya tidak baik dan dapat menyebabkan rasa lapar datang lagi lebih cepat. Sebaiknya anda berhenti makan saat anda sudah merasa tidak lapar lagi.

CEMILAN YANG TEPAT SAAT DIET

Orang yang melakukan diet bukan berarti tidak boleh makan cemilan, inilah cemilan sehat untuk yang sedang berdiet :

Telur rebus

Telur rebus adalah makanan paling sangat kaya protein dan vitamin yang bisa mengenyangkan.

Edamame

Kacang edamame memiliki kandungan magnesium, zat besi, kalium, sebagai sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah cemilan sehat yang mengandung protein dan lemak untuk tubuh.

Apel

Apel membantu menjaga kesehatan tubuh, pencernaan, dan kulit, seperti istilah yang mengatakan “an apple a day keeps the doctors away”.

Yogurt

Yogurt polos tanpa toping tinggi kalori, sangat baik untuk dijadikan cemilan di saat diet.

Pisang dan selai kacang

Kombinasi antara kandungan karbohidrat dan protein keduanya dapat menjadi pemasok energy baik bagi tubuh.

KUNCI DIET SUKSES

Untuk menurunkan dan mendapatkan angka berat badan yang ideal, tentunya dibutuhkan waktu dan pengorbanan yang sesuai, kunci utama diet sukses adalah dengan menikmati setiap prosesnya dan jalani dengan hati yang gembira agar tidak terasa berat, karena usaha yang dijalankan dengan niat dan kesungguhan hati pasti membuahkan hasil yang memuaskan.

Semoga artikel tips diet jitu tanpa olahraga ini dapat membantu dan memotivasi anda melakukan diet dengan baik dan benar, SEMANGAT SEHAT!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *