10 REKOMENDASI KOMPOR GAS TERBAIK 2020 

10 REKOMENDASI KOMPOR GAS TERBAIK 2020

Kompor tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan berumah tangga, sebagai salah satu peralatan pelengkap rumah dan dapur, keberadaan kompor juga menjadi sangat penting karena banyak hal yang bisa dikerjakan menggunakan kompor, mulai dari memasak dan menghangatkan makanan, memasak air, dan lain-lain.

JENIS KOMPOR BERDASARKAN SUMBER TENAGA

Seperti kita tahu bahwa kompor yang di jual di pasaran sangat beragam model dan type nya, bahkan kompor juga ternyata bisa di klasifikasi berdasarkan sumber tenaga nya.

Sebelumnya mari kita ketahui dulu jenis-jenis kompor :

  • Kompor Gas

Kompor gas adalah jenis kompor yang paling banyak dijumpai, baik untuk keperluan rumah tangga maupun restoran. Sumber tenaga dari kompor ini adalah tabung (mulai dari tabung gas ukuran 3 kg hingga tabung gas 50 kg).

Jika anda menggunakan kompor gas dirumah anda, pastikan ada ventilasi yang cukup untuk membuang asap sisa proses memasak.

Kompor listrik adalah solusi masa kini bagi mereka yang ingin hidup praktis dan bersih, karena selain tidak menghasilkan api, juga jenis kompor ini sangat mudah dibersihkan.

Kompor listrik menggunakan listrik sebagai sumber tenaga panasnya, dan setelah anda menghidupkan suatu elemen maka kompor akan mulai memanas, namun proses pemanasan nya lebih lambat di bandingkan kompor gas.

Namun anda perlu berhati-hati dengan bahan panic, wajan atau rantang anda, karena permukaan kompor listrik bisa lecet, tergores dan rusak apabila anda menggunakan bahan yang salah.

  • Kompor Minyak

Kompor minyak adalah jenis kompor paling lawas yang sudah digunakan sejak jaman dahulu, dengan minyak tanah sebagai sumber tenaganya, dan menggunakan sebuah sumbu untuk menyerap minyak tanah tersebut yang nantinya menghasilkan api saat disulut dengan api.

Walau harga nya terbilang murah, namun kekurangan dari kompor minyak ini adalah adanya sisa pembakaran pada sumbu dan bau minyak tanah yang kadang menyegat dan mengganggu selera makan.

Kompor induksi juga menggunakan listrik sebagai sumber tenaga nya, dan kompor ini dapat menghasilkan panas lebih cepat.

Kompor ini juga tidak menghasilkan suara dan tidak menggangu, namun kompor ini juga dirancang khusus untuk menggunakan peralatan masak khusus agar tidak merusak permukaan kompor.

Kini banyak orang membeli kompor portable, karena kepraktisan nya dari segi ukuran dan cara penggunaannya.

Kompor portable menggunakan tabung gas mini untuk sumber tenaganya, namun karena ukurannya yang kecil, maka kapasitas penggunaan dan tingkat panas yang dihasilkan nya juga terbatas.

PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPOR GAS

Dari berbagai jenis kompor di atas, kompor gas adalah yang paling umum dan banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia.

Pada tahun 1820 dilakukan eksperimen secara rahasia tentang kompor gas, lalu pada tahun 1851 kompor gas pertama kali di perkenalkan dalam sebuah acara World Fair dan sejak saat itu, kompor gas semakin berkembang hingga saat ini.

Pada awalnya kompor gas berasal dari kumparan kawat, namun kini semakin modern nya perkembangan, kompor gas sudah menggunakan glass ceramic, sehingga kompor gas masa kini sudah tidak berbau dan mengeluarkan asap berlebihan, sedangkan bahan bakar atau sumber tenaga nya yaitu menggunakan bahan bakar gas elpiji (LPG).

CARA KERJA KOMPOR GAS

Ada beberapa komponen penting dari kompor gas, yaitu pemantik, pipa saluran gas, tungku, spuyer, katup, dan katup cut off.

Cara kerja nya adalah membuka pemantik (menyalakan) kompor. Saat posisi kompor menyala, maka tabung gas akan memberi tekanan kepada katup gas untuk terbuka, sehingga aliran gas dapat masuk ke pipa saluran gas, lalu keluar melalui spuyer menuju rongga tungku dan mengeluarkan api.

JENIS-JENIS KOMPOR GAS

Walaupun bersumber tenaga sama, yaitu menggunakan tabung gas, namun ternyata kompor gas juga ada beberapa jenis klasifikasi berdasarkan jumlah tungku dan desainnya, dimana semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sang pengguna.

Jenis-jenis kompor gas, di antara nya :

1. Kompor Gas 1 Tungku

Jenis ini cocok digunakan untuk dapur yang berukuran kecil agar tidak makan tempat,  atau untuk anda yang tinggal sendirian, walaupun jenis kompor 1 tungku, kompor ini tetap memiliki fungsi yang sama dengan kompor gas lainnya.

2. Kompor Gas 2 Tungku

Jenis ini adalah jenis kompor paling umum yang digunakan oleh ibu rumah tangga, untuk menghemat waktu sehingga pekerjaan memasak jadi lebih cepat selesai.

3. Kompor Gas 3 Tungku

Jenis kompor ini biasanya dilengkapi dengan 2 tungku utama yang berukuran besar dan 1 tungku tambahan yang berukuran kecil.

4. Kompor Gas 4 Tungku

Selain keren dan ekonomis, jenis kompor ini sangat cocok untuk anda yang hobi  memasak, yang pasti dengan ada nya 4 tungku kegiatan memasak anda semakin cepat selesai.

5. Kompor Gas Komersil Api Besar (api turbo)

Jenis kompor ini hanya berupa kerangka yang terbuat dari besi cor dan bisa mengeluarkan api yang sangat besar sehingga makanan akan lebih cepat matang, umumnya jenis kompor komersil api besar turbo ini dipakai oleh pemilik restoran.

6. Kompor Gas Tanam

Jenis kompor tanam biasanya di desain menyatu dengan kitchen set, walau tampilannya membuat dapur terlihat lebih rapi dan elegant, namun sebelum memilih kompor tanam, anda harus mempertimbangkannya dengan matang sebab posisi kompor tanam sudah tidak bisa di geser atau dipindah.

7. Kompor Gas Freestanding

Ini adalah jenis kompor terbesar di antara kompor lainnya, karena jenis kompor freestanding ini memiliki fungsi ganda, di bagian atas sebagai kompor yang berisikan 4 sampai 6 tungku, dan di bagian bawah sebagai oven. Jadi jenis kompor freestanding ini sangat cocok untuk anda yang hobi memasak dan membuat kue.

8. Kompor Gas Portable

Ini adalah jenis kompor yang paling sering digunakan di dapur rumah tangga, harga nya terjangkau, dan komponen nya sangat mudah di bongkar pasang.

9. Kompor Gas Hibrida

Ini adalah kompor model terbaru, yang di ciptakan atas kombinasi kompor gas dan kompor listrik. Keunggulannya adalah ada nya pilihan kompor listrik di samping kompor gas, jadi  anda tidak perlu khawatir kehabisan gas saat sedang memasak karena anda bisa meneruskannya dengan kompor listrik.

PANDUAN MEMILIH KOMPOR GAS YANG TEPAT

  • Pilih kompor yang sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih kompor yang berapi biru, agar hemat gas
  • Sesuaikan ukuran kompor dengan luas dapur
  • Memilih material kompor yang kokoh dan tidak mudah berkarat
  • Memilih kompor yang terbuat dari stainless steel
  • Pastikan jarak tunggu ideal agar tetap nyaman memasak saat menggunakan lebih dari 1 tungku
  • Memilih burner (tempat keluarnya api) yang terbuat dari kuningan
  • Mencari kompor yang memiliki garansi toko
  • Membeli kompor yang sesuai dengan budget

REKOMENDASI MERK KOMPOR GAS TERBAIK

Jelas ada banyak sekali pilihan rekomendasi kompor gas yang bagus dan awet yang di jual di pasaran, seperti beberapa merk di bawah ini :

  • Modena
  • Miyako
  • Rinnai
  • Electrolux
  • Quantum
  • Winn Gas
  • Cosmos
  • Hock
  • Sanken
  • Tecstar

PENUTUP

Yang terakhir yang perlu anda ingat adalah bahwa kualitas barang akan menentukan harga jual barang tersebut, begitu pula dengan kompor gas, pilihlah kompor gas dengan kualitas dan review yang baik agar anda tidak kecewa, karena kompor gas digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama, jadi pastikan anda tidak memilih kompor hanya karena tegiur diskon, tapi pastikan fitur keamanan dan kualitasnya memang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *