OLAHRAGA UNTUK MENGECILKAN PERUT

Perut buncit pada pria atau wanita dapat diakibatkan karena kurang gerak atau juga pola makan dan pola hidup yang salah, banyak orang melakukan berbagai gerakan olahraga untuk mengecilkan perut mereka, karena perut buncit kurang sedap dipandang.

PENYEBAB PERUT BUNCIT

Perut buncit biasanya diakibatkan karena penumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat atau dari kolesterol akibat lemak jenuh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Pola makan dan gaya hidup yang salah menjadi faktor pendukung perut semakin membuncit.

Diet saja tidak cukup untuk mengecilkan perut, karena untuk mengecilkan perut diperlukan gerakan olahraga dan pembakaran lemak yang seimbang.

RESIKO PERUT BUNCIT

Waspadalah jika anda mempunyai perut buncit, karena perut buncit dapat menjadi sumber penyakit seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Memiliki perut buncit juga tentu sangat mengganggu penampilan, khusus nya bagi kaum hawa, penampilan jadi kurang maksimal, kepercayaan diri pun menurun serta ada rasa tidak nyaman saat bergerak.

GERAKAN OLAHRAGA UNTUK MENGECILKAN PERUT

Anda tidak perlu mendatangi pusat kebugaran, sanggar senam atau tempat fitness untuk mengecilkan perut anda, karena tempat tersebut tidak menjamin perut anda akan mengecil apabila anda tetap melakukan pola makan dan gaya hidup yang salah.

Ini adalah beberapa contoh gerakan olahraga yang bisa anda lakukan dirumah #dirumahsaja, tanpa alat bantu, namun akan memberi hasil jika anda lakukan dengan disiplin dan serius.

SIT UP

Sit up sejak dahulu dipercaya sebagai olahraga yang efektif untuk mengecilkan perut, serta mengencangkan otot perut bagian atas.

Cara melakukan sit up yang benar
  • Berbaringlah dengan posisi telentang dan tangan di lipat di depan dada, kemudian tekuk lutut anda
  • Angkat badan mendekati dengkul, lalu kembali ke posisi semula namun tahan jangan sampai punggung menyentuh lantai
  • Lakukan sebanyak 30 kali dalam satu sesi, dan lakukan ini setiap hari.

CORKSCREW

Gerakan olahraga yang satu ini, sangat cocok untku ibu yang baru saja melahirkan, karena dapat membantu mengencangkan otot perut yang kendur pasca melahirkan.

Cara melakukan corkscrew yang benar
  • Baringkan badan dengan posisi kaki terangkat tegak lurus ke atas (posisi berbentuk sudut 90°)
  • Kemudian tekuk lutut sedikit sambil posisikan tangan di samping kanan kiri badan
  • Gunakan otot perut bagian bawah untuk mengangkat pinggul, sambil memutarnya ke sisi kanan, tahan selama 3 detik
  • Kemudian kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dalam tiap sesi.

CRUNCHES

Jika anda ingin membakar lemak di perut dengan cepat, maka gerakan crunches adalah pilihan yang tepat.

Cara melakukan crunches dengan benar
  • Berbaringlah dengan keadaan kaki di tekuk membentuk sudut 90°
  • Letakkan tangan di belakang kepala
  • Angkat kepala dan bagian tubuh atas (perlu di ingat, anda tidak boleh menekuk leher dan kepala)
  • Gunakan otot perut untuk menarik dan otot punggung untuk mendorong tubuh, lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali dalam tiap sesi.

PLANK

Plank bisa dijadikan alternative olahraga mengecilkan perut sebelum tidur malam, karena gerakan ini membantu membakar lemak perut menjadi otot.

Cara melakukan plank dengan benar
  • Posisikan badan anda dalam posisi tengkurap, lalu angkat tubuh ke atas dengan tumpuan lengan dan jari kaki
  • Kencangkan paha bagian dalam dan bokong, kemudian tarik bagian pusar ke arah dalam
  • Pastikan lutut anda tidak menyentuh lantai dan posisi punggung tetap rata dan lurus
  • Kepala di posisikan senyaman mungkin dan tetap rileks menghadap ke arah bawah (matras), bertahan dalam posisi ini selama 30 detik sampai 1 menit, lakukan gerakan berulang beberapa kali dalam setiap sesi.

SIDE PLANK

Olahraga side plank akan membantu melatih otot perut bagian samping juga bagain paha dan pinggul.

Cara melakukan side plank dengan benar
  • Berbaringlah pada sisi kiri tubuh, dengan posisi tangan kiri menahan beban tubuh
  • Letakkan tangan kanan di pinggang
  • Kemudian angkat panggul ke atas dan tahan posisi dalam gerakan ini selama 30-45 detik, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam tiap sesi.

LATIHAN INTERVAL (HIIT)

HIIT atau High Instensity Interval Training adalah olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi waktu yang singkat, sekitar 10-30 menit saja.

Gerakan dalam HIIT di nilai efektif membakar lemak dan membentuk semua otot tubuh, baik lengan, paha, perut, bokong, dll.

sporty people practicing with weights, high intensity training
Cara melakukan HIIT yang benar
  • Mengayuh sepeda statis sekuat mungkin selama 30 detik
  • Mengayuh sepeda statis dengan intensitas santai selama 2 menit
  • Lakukan berulang kombinasi gerakan di atas selama 30 menit setiap sesi nya.

OLAHRAGA OTOT PERUT

Karena perut menjadi bagian dari penampilan yang harus di jaga, sebaiknya mulai sekarang, jaga dan perbaiki juga pola makan dan gaya hidup anda agar memiliki bentuk perut yang indah.

Gerakan olahraga mengecilkan perut ada banyak sekali jenis dan cara nya, dan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh secara konsisten dan disiplin, pastilah anda akan memiliki badan yang sehat, prima dan body yang bagus.

PENUTUP

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kita, diantara nya dengan melakukan olahraga sesuai kebutuhan kesehatan anda.

Jogging, jalan pagi, senam, berenang, dan bersepeda adalah contoh olahraga dengan gerakan ringan namun dapat memberikan manfaat sangat baik untuk tubuh, karena saat seluruh bagian tubuh di gerakan secara teratur, otomatis otot akan terbentuk dan menjadi kencang dan bonusnya perut anda bisa mengecil.

Yuk sayangi tubuh anda dan biasakan diri melakukan gerakan olahraga dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version