REKOMENDASI POMPA ASI (BREAST PUMP) TERBAIK

pompa asi

ASI adalah asupan dan makanan utama untuk bayi, karena nya setiap ibu pasti mengusahakan berbagai cara untuk dapat memberikan ASI pada bayi nya, baik itu secara langsung dari payudara mereka ataupun dari botol menggunakan ASI hasil pompa ASI.

Namun tidak dapat di pungkiri keadaan saat ini seringkali membuat para ibu muda kewalahan untuk memberikan ASI mereka, entah karena alasan bekerja ataupun ASI yang tidak keluar.

Pompa ASI atau pumping ASI adalah sebuah kegitan memerah ASI menggunakan alat bantu pompa, yang hasilnya dapat disimpan dan di taruh di dalam botol atau kantung khusus ASI dan kemudian di simpan dalam freezer untuk digunakan atau diberikan kemudian kepada si bayi.

Table Of Contents

Manfaat pompa ASI

Walaupun bukan kegiatan menyusui secara langsung (breastfeeding), namun memompa ASI juga memberikan banyak manfaat untuk ibu dan bayi nya, berikut adalah manfaat dari memompa ASI (pumping ASI) :

  • Terhindar dari penyumbatan saluran ASI

Kondisi payudara yang penuh dan tidak segera di berikan pada bayi untuk di susui, atau ASI kurang sering di pompa, dapat menyebabkan penyumbatan pada payudara sehingga mengakibatkan peradangan atau yang biasa di kenal “mastitis”.

  • Ibu dapat bekerja dengan tenang

Bagi para ibu pekerja (wanita karier) yang harus kembali ke kantor dan tetap ingin memberikan ASI eksklusif bagi bayinya, kini dapat memompa ASI selama di jam kerja dan menaruh stok di freezer agar kebutuhan bayi tetap dapat terpenuhi selama ibu nya bekerja.

  • Beberapa bayi tidak suka menyusu langsung pada ibu nya

Ada beberapa bayi yang menolak menyusu langsung dari ibu nya karena berbagai hal, seperti bingung puting, puting terlalu besar atau sebaliknya, rewel, bosan, tidak sabar, merasa kurang puas karena asi yang keluar hanya sedikit, posisi menyusui yang kurang pas, dll. Jika hal ini terjadi, maka stok dari hasil pompa ASI akan sangat membantu saat si kecil lapar dan haus.

  • Kegiatan menyusui bayi dapat dipindah tangankan

Dengan adanya stok ASI hasil pompa, maka kegiatan menyusui dapat dipindah tangankan dengan meminta bantuan orang rumah, seperti ayah nya, kakak nya kakek nenek nya, dll, sehingga ibu dapat dengan tenang menyelesaikan urusan lainnya.

  • ASI semakin melimpah

Rajin memompa ASI dapat membuat produksi ASI melimpah, karena sama hal nya dengan menyusui secara langsung, memompa ASI juga dapat membantu merangsang saraf-saraf jaringan payudara untuk terus memproduksi ASI semakin banyak.

  • Memiliki stok ASI

Pada umumnya, ibu yang memompa ASI nya adalah mereka yang memiliki ASI berlebih, sehingga otomatis hasil produksi ASI dapat di simpan dan di stok untuk cadangan saat diperlukan dalam keadaan lain.

  • Mendonorkan ASI

Semakin banyaknya ASI yang di hasilkan, semakin banyak pula stok yang dimiliki, dan saat stok sangat berlimpah dan bayi anda tidak memerlukannya lagi, anda dapat mendonorkan ASI tersebut untuk bayi-bayi lain yang membutuhkan.

jenis pompa asi

Jenis pompa ASI dan kelebihan kekurangannya

Saat ini ada 2 jenis pompa ASI yang paling sering digunakan :

Pompa ASI Manual

Manual breast pump atau pompa ASI manual biasa bekerja menggunakan tangan (manual)

  • Kelebihan pompa ASI manual
    1. Daya isap pompa dapat di atur secara manual dari gerakan tangan ibu
    2. Bentuk kecil dan praktis untuk dibawa bepergian
    3. Tidak mengeluarkan suara saat digunakan
    4. Tidak membutuhkan listrik atau baterai saat digunakan
    5. Harga lebih murah di banding pompa ASI elektrik
    6. Komponen alat lebih sedikit dan simple
  • Kekurangan pompa ASI manual
    1. Melelahkan karena harus menggunakan tenaga sendiri
    2. Membutuhkan waktu yang agak lama
    3. Sulit mengatur ritme daya isap agar tetap stabil

Pompa ASI Elektrik

Electric breast pump atau pompa ASI elektrik biasa bekerja menggunakan bantuan batu baterai atau listrik.

  • Kelebihan pompa ASI elektrik
    1. Ritme daya isap dapat di atur dan stabil
    2. Tersedia 2 model, single pumping untuk 1 payudara atau double pumping 2 payudara
    3. Ada beragam type, mulai dari yang hanya memompa saja hingga ada yang memiliki fitur me-massage payudara
    4. Waktu yang digunakan untuk memompa lebih cepat
    5. Tidak memerlukan banyak usaha, karena tinggal dipasang pada payudara.
    6. Nyaman saat pumping
  • Kekurangan pompa ASI elektrik
    1. Harga lebih tinggi dibandingkan pompa ASI manual
    2. Komponen alat lebih sulit dan repot saat di bersihkan
    3. Mengeluarkan suara saat digunakan
    4. Agak kurang praktis jika di bawa bepergian

Tips memilih pompa ASI

Karena masa penggunaannya dalam kurun waktu tertentu dan digunakan secara berkala atau sering, maka pastikan anda memilih pompa ASI yang tepat, berikut adalah tips memilih pompa ASI :

  • Frekuensi pemakaian

Anda harus tahu dulu seberapa sering anda akan menggunakan pompa ASI tersebut, jika anda menggunakan secara rutin dan hampir setiap hari, maka pilihlah pompa ASI elektrik karena tidak memakan waktu dan tidak merepotkan.

  • Mobilitas sang ibu

Jika anda seorang ibu busui yang sering bepergian atau berpindah tempat, maka pilihlah pompa ASI manual karena pompa ASI manual tidak membutuhkan listrik dan baterai, jadi bisa langsung digunakan saat diperlukan, serta ringan dan mudah di bawa.

  • Perawatan yang mudah dan suku cadang yang mudah di dapat

Sebelum membeli, pelajari dulu bagian-bagian dari pompa ASI tersebut, pastikan proses bongkar pasangnya mudah dilakukan, perawatannya mudah dan suku cadangnya mudah di dapat, agar jika terjadi kerusakan atau kehilangan, anda tidak kewalahan mencari spare part penggantinya.

  • Kecepatan (hemat waktu)

Dilihat dari segi kecepatan dan factor waktu, sudah pasti pompa ASI elektrik double pumping adalah jawaban yang tepat, karena selain pompa ASI elektrik terbukti lebih cepat, juga penelitian mengatakan memompa ASI secara bersamaan dari kedua payudara akan menghasilkan ASI lebih banyak hingga 18% dan ASI nya akan memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi.

Merk pompa ASI terbaik

Ada banyak sekali merk dan type pompa ASI yang dijual di pasaran, dengan berbagai macam harga sesuai fitur dan kapasitas masing-masing. Berikut merk-merk pompa ASI terbaik di Indonesia :

  • Medela
  • Philips Avent
  • Pigeon
  • Spectra
  • Gabag
  • Little Giant
  • Cmbear
  • Mooimom
  • Claire
  • Real Bubee
  • Unimom
  • Haenim

Tips agar ASI lancar, deras dan melimpah

Mempunyai ASI yang lancar dan melimpah adalah harapan semua para calon ibu, beberapa tips di bawah akan membantu anda mendapatkan ASI melimpah :

  • Memberi pijatan

Di masa kehamilan trimester ke-3 anda sudah mulai bisa memberi pijatan pada payudara anda untuk merangsang saraf-saraf dan jaringan sel yang bertugas memproduksi ASI.

baca juga artikel rekomendasi kalsium ibu hamil

  • Membersihkan puting

Membersihkan puting dapat dilakukan dengan menggunakan baby oil, ini berguna untuk membersihkan bagian lipatan-lipatan pada ujung putting agar jalan keluar ASI nya lancar.

  • Mengkompres payudara

Saat payudara terasa keras dan susah dipompa atau bayi tidak mau menghisapnya, kompres payudara menggunakan handuk hangat sambil dipijit dengan gerakan memutar searah jarum jam untuk melunakkan gumpalan ASI.

  • Menyusui dan memompa secara berkala

Bayi yang baru lahir umumnya membutuhkan susu setiap 2-3 jam sekali, dan jika anda menyusui atau memompa payudara secara teratur, maka hal itu akan memberi rangsangan dan simulasi bagi payudara, dan payudara akan otomatis mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sesuai kebutuhan sang bayi, dan ini akan membuat produksi ASI bertambah.

  • Makan makanan yang merangsang produksi ASI

Ada beberapa jenis makanan, buah dan sayur yang dapat merangsang produksi ASI bertambah, contoh : air, daun katuk, papaya, sup, oatmeal, bayam, wortel, kacang-kacangan, dll.

  • Minum air putih yang banyak

Mengkonsumsi  banyak air mineral secara rutin akan membantu ASI terproduksi secara teratur. Tidak hanya itu, beragam jus tanpa gula (jus buah atau jus sayur) juga dapat memperbanyak produksi ASI.

  • Minum suplemen penambah ASI

Di apotik atau toko sejenis lainnya, banyak dijual suplemen penambah ASI, baik dalam bentuk pil, kapsul, the, susu, dll. Hal ini juga baik di konsumsi untuk solusi lancar ASI bagi busui.

  • Hindari stress

Beban pikiran akan mempengaruhi kondisi tubuh dan hormone seseorang, dan ini juga tidak jarang mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan. Usahakan anda terjauh dari stress untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas ASI yang maximal.

Penutup

Melahirkan dan menyusui adalah takdir kita sebagai wanita, namun mengusahakan dan mengupayakan yang terbaik untuk anak kita adalah pilihan.  ASI merupakan pilihan terbaik pertama bagi anak kita, sebagai asupan yang aman dan higienis, membuat tumbuh kembang anak sehat, menghasilkan imun yang kuat, mencegah malnutrisi, memperkuat ikatan antara ibu dan anak, mengurangi resiko kanker, dll. Mari perjuangkan ASI untuk kebaikan masa depan anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *